Rabu, 14 Desember 2011

Pentingnya menggalang dukungan bagi perkembangan diri ,menggalang dukungan dan hambatan yang ditemukan dalam menggalang dukungan


Soal
A. Apa pentingnya menggalang dukungan bagi perkembangan diri seseorang itu ??? 
B. Bagaimana caranya Anda menggalang dukungan bagi perkembangan diri kalian ???
C. Adakah hambatan yang ditemukan dalam menggalang dukungan itu ??? 

Jawaban.
A.Apa pentingnya menggalang dukungan bagi perkembangan diri seseorang itu ??? 
Jawaban.
Perihal menggalang dukungan bagi perkembangan diei sesorang, sangatlah penting. Dengan menggalang dukungan, seseorang tersebut dapattermotivasi untuk mewujudkan impian, potensi yang ada pada dirinya sehingga berkembang nya seseorang dalam mencapai impian dan apa yang dicita-citakannya.
Dengan menggalang dukungan, menimbulkan rasa percaya diri terhadap perkemabngan diri seseorang karena ada yang mendukung selain dirinya sendiri.Dalam menggalang dukungan bisa dari Mereka itu adalah keluarga,teman, sahabat, rekan bisnis, teman kuliah, tetangga dan siapa saja.
Contoh : Dalam lingkungan keluarga, ketika seorang anak mempunyai cita-cita dalam mengembangkan potensi, biasanya harus didukung oleh orang tua sehingga cita-cita tersebut bisa tercapai.


B.Bagaimana caranya Anda menggalang dukungan bagi perkembangan diri kalian ???
Cara untuk menggalangang dukungan bagi perkembangan diri kita sehingga potensi yang ada dalam diri bisaberkembang sesuai dengam minat dan keinginan yang adadalam diri masing-masing.Selain itu, dalam mendukung perkembangan diri kita yaitu pada persahabatan,Hubungan yang mendalam antara satu pribadi dengan pribadi yang lain.Sabahat adalah teman yang paling dekat dan paling akrab. Sahabat menjadi orang yang paling dikenal dan yang paling mengenal diri kita sehingga sahabat merupakan salah satu cara untuk menggalang perkembangan diri.persahabatan tersebut harus senantiasa dijaga agar bisa terjalin dengan baik, cara menjaganya dengan cara,
-Supel dan adaptif
-Menjaga kepercayaan
-Rela berkorban
-Mudah memuji sekaligus bersikap kritis
-Mudah memaafkan
-Tidak menonjolkan diri
-Senantiasa introspeksi diri


C.Adakah hambatan yang ditemukan dalam menggalang dukungan itu ??? 
Perihal hambatan yang di temukan untuk menggalang dukungan tersebut, hambatan tersebut pasti ada, misalnya hambatan dari lingkungan keluarga, khususnya orang tua.Setiap orang tua mempunyai karakteristrik ketika mendidik anaknya, sikap tersebut di tunjukan agar anaknya dapat mengembangkan potensi yang ada pada dirinya.
Pola pengembangan diri pada lingkungan keluarga yaitu.
1. Pola otoriter
2. Pola pengasuha pendampingan
3. Pola memanjakan
4. Pola pengasuhan tidak peduli

Dari pola tersebut, tidak semua anak bisa memahami dan mengerti terhadap pola yang di terapkan oleh keluarganya.
Kesulitan, tantangan dan ancaman yang dihadapi menjadi bagian yang tak terpisahkan ketika menggalang dukungan untuk mengembangkan perkembangan diri. Menjadi tanggung jawab dari masing-masing anggota yang terlibat dalam suatu hubungan untuk memelihara dan menjaga keutuhan itu.Cara mengatasi hal tersebut bisa dengan cara.
-Mengkomunikasikan perihal keinginan dan cita-cita terhadap keluarga.
-Menjelaskan perihal dampak positif dari apa yang kita jalankan dan laksanakan.
-Menjaga kepercayaan terhadap keluarga perihal apa yang dilakukan.

Contoh Hambatan.
Ketika seorang anak mempunyai keinginan untuk menjalankan potensinya, misalnya ingin bermain Band. Orang tuanya tidak setuju anaknya untuk bermain band, hal tersebut menghambat anak tersebut untuk mengembangkan dirinya.

Solusi :Menjelaskan dan memaparkan perihal sisi positif dalam bermain band,akan berusaha menjaga kepercayaan keluarga ketika anak tersebut bermain band dan menjalankan kewajibannya misalnya (Sekolah/kuliah) dengan baik, sehingga menimbulkan kepercayaan pada orang tua bahwa anak itu bisa berkembang dengan group band tersebut tanpa meninggalkan kewajiban utamanya yaitu belajar akademik.

Create By :Ahmad Latip (Mahasiswa Binus University)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar