Berikut ini penjelasannya yang saya dapatkan dari perkuliahan di Binus University. Mudah mudahan ilmu ini dapat membantu bagi yang sedang mencari.
Penjelasan
Enterprise system merupakan sistem yang dibangun oleh organisasi untuk membantu dalam menyelesaikan proses bisnis yang ada pada perusahaan secara umum dalam suatu entitas korporat sehingga enterprise system dapat mendukung dari tujuan yang dilakukan oleh berbagai pihak yang ada pada organisasi untuk dapat mencapai tujuan yang dicapai. Peranana enterprise system pada organisasi sangat besar untuk kemajuan organisasi karena enterprise system seperti pada sistem enterprise industri yang termasuk sistem aplikasi supply chain yang menghubungkan peranan pelanggan untuk penyajian pelaporan dan pengelolaan sumber saya suatu organiasi menjadi lebih efektif.
Contohnya:
Contoh 1:
Peranan Enterprise system ketika organisasi membutuhkan laporan dari organisasi cabang di daerah tertentu yang sesuai dengan keinginan perusahaan, maka untuk mendapatkan laporan tersebut dengan adanya enterpris system, system pelaporan akan lebih mudah dan efektif untuk dapat menyajikan laporan tersebut karena proses dalam penyajian laporan tersebut relatif cepat dibandngkan dengan proses penyajian yang dilakuan secara manual.
Contoh 2:
Peranan Enterpise system ketika organiasi menjalankan proses bisnis dengan menjalankan kegiatan operational, baik yang dilakukan oleh karywan, atasan ataup pemilik perusahaan untuk menjalankan perusahaan nya untuk dapat berkompetitif dengan perusahaan yang sejenis. Kegiatan operasional menggunakan enterprise system akan lebih banyak dirasakan manfaatnya karena banyak nya kelebihan yang didapatkan dalam penerapannya sehingga penerapan enterprise system ini mempunyai dampak yang baik bagi perusahaan.
b.Sejumlah sistem yang terkandung dalam enterprise system
Ada beberapa sistem yang terkandung dalam enterpris system sehingga system tersebut dapat membantu enterprise system menjalankan tugas dan fungsinya yaitu:
a.System informasi application area yang berhubungan dengan area pada organisasi.
b.System informasi terhadap critical concept yang mana koonsep tersebut untuk dapat melihat mana
c.System informasi yang berhubungan dengan financial
d.System informasi yang berhubungan dengan human capital management.
e.System informasi yang berhubungan dengan operation dari organisasi.
f. System informasi yang berhubungan dengan coporate service yang diberikan organisasi terhadap client nya.
g.System informasi yang berhubungan dengan end user service delivery.
h.System informasi yang berhubungan dengan analytic
Dari apa yang dilihat dari system informasi yang terkandung dalam enterprise system, maka untuk system informasi tersebut dapat dikategorikan bahwa di dalam enterprise system terdapat banyak system informasi yang bertujuan untuk menunjang dari enterprise system itu sendiri sehingga enterprise sytem dapat mengoptimalkan dari sisi kinerja dan efisiensi waktu dalam melakukan kegiatan operasional ataupun pelaporan.
Sumber :
[1] LN
[2] Ahmad Latip
Penjelasan
Enterprise system merupakan sistem yang dibangun oleh organisasi untuk membantu dalam menyelesaikan proses bisnis yang ada pada perusahaan secara umum dalam suatu entitas korporat sehingga enterprise system dapat mendukung dari tujuan yang dilakukan oleh berbagai pihak yang ada pada organisasi untuk dapat mencapai tujuan yang dicapai. Peranana enterprise system pada organisasi sangat besar untuk kemajuan organisasi karena enterprise system seperti pada sistem enterprise industri yang termasuk sistem aplikasi supply chain yang menghubungkan peranan pelanggan untuk penyajian pelaporan dan pengelolaan sumber saya suatu organiasi menjadi lebih efektif.
Contohnya:
Contoh 1:
Peranan Enterprise system ketika organisasi membutuhkan laporan dari organisasi cabang di daerah tertentu yang sesuai dengan keinginan perusahaan, maka untuk mendapatkan laporan tersebut dengan adanya enterpris system, system pelaporan akan lebih mudah dan efektif untuk dapat menyajikan laporan tersebut karena proses dalam penyajian laporan tersebut relatif cepat dibandngkan dengan proses penyajian yang dilakuan secara manual.
Contoh 2:
Peranan Enterpise system ketika organiasi menjalankan proses bisnis dengan menjalankan kegiatan operational, baik yang dilakukan oleh karywan, atasan ataup pemilik perusahaan untuk menjalankan perusahaan nya untuk dapat berkompetitif dengan perusahaan yang sejenis. Kegiatan operasional menggunakan enterprise system akan lebih banyak dirasakan manfaatnya karena banyak nya kelebihan yang didapatkan dalam penerapannya sehingga penerapan enterprise system ini mempunyai dampak yang baik bagi perusahaan.
b.Sejumlah sistem yang terkandung dalam enterprise system
Ada beberapa sistem yang terkandung dalam enterpris system sehingga system tersebut dapat membantu enterprise system menjalankan tugas dan fungsinya yaitu:
a.System informasi application area yang berhubungan dengan area pada organisasi.
b.System informasi terhadap critical concept yang mana koonsep tersebut untuk dapat melihat mana
c.System informasi yang berhubungan dengan financial
d.System informasi yang berhubungan dengan human capital management.
e.System informasi yang berhubungan dengan operation dari organisasi.
f. System informasi yang berhubungan dengan coporate service yang diberikan organisasi terhadap client nya.
g.System informasi yang berhubungan dengan end user service delivery.
h.System informasi yang berhubungan dengan analytic
Dari apa yang dilihat dari system informasi yang terkandung dalam enterprise system, maka untuk system informasi tersebut dapat dikategorikan bahwa di dalam enterprise system terdapat banyak system informasi yang bertujuan untuk menunjang dari enterprise system itu sendiri sehingga enterprise sytem dapat mengoptimalkan dari sisi kinerja dan efisiensi waktu dalam melakukan kegiatan operasional ataupun pelaporan.
Sumber :
[1] LN
[2] Ahmad Latip
Tidak ada komentar:
Posting Komentar