Senin, 17 Juni 2013

PROPOSAL KEGIATAN PEMBERIAN BEASISWA DAN BANTUAN SARANA DAN PRASARANA BELAJAR SISWA/SISWI BERPRESTASI Di SMA PASUNDAN 2 KOTA TASIKMALAYA JAWA BARAT


I.                   Latar Belakang
            Pendidikan yang ada di di SMA Pasundan 2 Kota Tasikmalaya mengalami kemajuan dari tahun ke tahun dengan meilhat terdapat lulusan berprestasi siswa/siswi yang ada pada SMA Pasundan 2 Kota Tasikmalaya. Namun, dengan adanya pendidikan yang ada pada SMA Pasundan 2 Kota  belum dapat di rasakan lebih jauh oleh siswa/siswi SMA Pasundan 2 Kota Tasikmalaya dikarenakan belum banyaknya reward terhadap siswa/siswi yang berprestasi dari pihak sekolah. Di SMA Pasundan 2 Kota Tasikmalaya selain pendidikan formal terdapat pendidikan kebudayaan yang mana kebudayaan tersebut dapat mempengaruhi jati diri dari siswa / siswi itu untuk dapat membangun kecintaan terhadap kebudayaan yang ada pada dirnya untuk dapat mempertahankannya.
            Untuk meningkatkan prestasi terhadap siswa/siswi yang ada di SMA Pasundan 2 Kota Tasikmalaya di perlukannya program beasiswa yang diberikan kepada siswa/siswi yang berprestasi sehingga siswa/siswi dapat meningkatkan prestasinya dalam bidang pendidikan. Dengan adanya beasiswa yang diberikan kepada siswa/siswi akan meningkatkan prestasi yang akan dicapai. Prestasi tersebut dapat ditingkatkan baik pada lingkungan sekolah SMA Pasundan 2  Kota Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat ataupun Nasional bahkan tingkat International.  Pendidikan saat ini merupakan hal yang sangat penting, dengan adanya pendidikan kita dapat mengetahui hal hal yang belum kita ketahui sehingga ketika dapat merubah ilmu pengetahuan tersebut menjadikan kita dapat lebih baik.
            Semangat siswa/siswi yang melakukan pembelajaran untuk dapat memperoleh ilmu pengetahuan di SMA Pasundan 2 Kota Tasikmalaya sangatlah tinggi, namun dengan tidak adanya motivasi dalam mencapai tujuan yang ada sehingga mereka lebih  lebih untuk dapat melanjutkan tujuan  hidup setelah lulus dari SMA. Selain itu, untuk dapat menunjang kegiatan sarana dan prasaran belajar tentunya diperlukan sarana dan prasarana untuk dapat
II.                Visi
Visi diadakannya program ini adalah  untuk menjadikan lulusan SMA Pasundan 2 yang berkualitas dengan mempunyai pengetahuan IPTEK dan IMTAQ dan sarana dan prasarana yang menunjang untuk mencetak siswa/siswi yang berprestasi.




III.             Misi
Misi diadakannya program ini yaitu sebagai berikut ini:
1. Menciptakan dan mempertahankan  siswa/siswi yang berprestasi dalam bidang pendidikan, olahraga, agama, seni dan budaya..
2. Menciptakan siswa/siswi yang mempunyai wawasan yang luas dalam bidang pengetahuan dan teknologi.
3. Meningkatkan siswa/siswi untuk dapat lebih berprestasi dalam bidang non akademik.
4. Memajukan  SMA Pasundan 2 Kota Tasikmalaya karena siswa/siswi yang berprestasi.

IV.             Tujuan
            Tujuan dari program ini adalah memberikan kesempatan untuk siswa/siswi berprestasi untuk mendapatkan beasiswa sehinga semangat untuk berprestasi dalam bidang pendidikan dan diharapkan dengan adanya beasiswa tersebut, maka untuk
V.                Manfaat
            Adapaun manfaat yang di dapatkan dalam pelaksaan program ini adalah sbb:
1. Siswa/sisiwi di sekolah SMA akan termotivasi untuk dapat berprestasi dan mempertahankan prestasi yang telah di capai.
2. Menarik minat dan keinginan dari siswa/siswi sekolah menengah atas untuk dapat bersekolah di SMA Pasundan 2 Kota Tasikmalaya.
3.Meningakatnya minat belajar di sekolah SMA Pasundan 2 Kota Tasikmalaya sehingga tidak adanya siswa/siswi yang tidak melanjutkan pendidikan.
4. Dengan adanya program ini, mudah mudahan

VI.             Sasaran
            Pada program ini, terdapat beberapa sasaran perihal diadakannya program ini yaitu:
1. Untuk siswa /siswi yang ada di lingkungan SMA Pasunda 2 Kota Tasikmalaya.
2. Untuk meningkatkan dan memajukan sekolah SMA Pasundan 2 Kota Tasikmalaya.
3. Untuk memberikan bantuan kepada sekolah untuk dapat meingkatkan siswa/siswi yang berprestasi di lingkungan SMA Pasundan 2 Kota Tasikmalaya.

VII.          Rencana Anggaran
Anggaran disini  tidak spesifik di sesuaikan dengan besarnya anggaran yang ingin untuk dapat merealisasikan terhadap program ini sehingga program ini dapat dijalankan dengan baik untuk dapat mencapai tujuan yang direncakan yaitu.
1.      Anggaran untuk beasiswa yang diberikan kepada siswa siswi baik berupa uang tunai ataupun keperluan pendidikan yang akan digunakan oleh siswa/siswi yang ada di SMA Pasundan 2 Kota Tasikmalaya.
2.      Anggaran untuk penyediaan kaos olahraga untuk meningkatkan minat terhadap siswa/siswi terhadap olahraga yang ada pada SMA Pasundan 2 Kota Tasikmalaya.
3.      Anggaran untuk mengadakan sarana dan prasaran seni dan budaya agar siswa/siswi dapat berprestasi dalam bidang budaya.
4.      Anggaran penyediaan  bidang peralatan Information Technology yang ada pada SMA Pasundan 2 Kota Tasikmalaya agar dapat menjadikan Siswa/ Siswi menjadi lebih bertambah wawasannya terhadap Information Technology.
5.      Anggaran untuk diadakannya pelatihan tentang Teknologi, Kewirausahaan, Penelitian dalam bidang sains sehingga menciptakan Siswa/Siswi ketika lulus akan menciptakan lulusan yang mempunyai pengetahuan yang lebih daripada sekolah yang lain.
6.      Anggaran untuk pembuatan portal SMA Pasundan 2 Kota Tasikmalaya, dimana portal tersebut belum tersedia. Dengan adanya portal, maka informasi dan komunikasi akan menjadi lebih mudah.

VIII.       Keuntungan sisi donatur
Terdapat beberapa keuntungan yang didapatkan dari sisi donatur untuk pemberian besiswa ini adalah sbb:
1.      Mendapatkan pahala yang berlipat ganda dikarenakan  memberikan donasi nya kepada bidang pendidikan.
2.      Doantur alumni yang pastinya menjadi alumni yang peduli terhadap adik adik yang ada pada SMA Pasundan 2 Kota Tasikmalaya.
3.      Donatur perorangan non alumni, apabila diminta oleh perorangan itu sendiri akan disebutkan setiap kali di informasikannya
4.      Donatur perusahaan product dapat mempromosikan productnya seperti minuman (Non Alcohol), Makanan (Makanan yang halal baik menurut MUI ataupun Agama)
5.      Donatur perusahaan jasa dapat mempromosikan jasa dan product nya di area lingkungan sekolah.
6.      Donatur Retail dapat mempromosikan productnya dilingkungan SMA Pasundan 2 Kota Tasikmalaya.
7.      Donatur perusahaan Rokok tidak diperbolehkan memasang spanduk dalam bentuk apapaun di lingkungan sekolah SMA Pasundan 2 Kota Tasikmalaya dan hanya disebutkan di daftar donatur yang masuk.

IX.             Penutup
Demikian pengajuan  proposal program ini diajukan, mudah mudahan program ini dapat terealisasi dengan baik. Setiap ada niat pasti ada jalan, begitu juga dengan program ini tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya bantuan dari berbagai pihak baik dari donatur alumni, non alumni, pemerintah untuk dapat merelasikan program ini sesuai dengan rencana yang diharapkan.  Kita semua pastinya ingin pendidikan yang ada di Indonesia dapat maju dengan tercetak nya siswa/siswi yang berprestasi. Program ini dimulai dari SMA Pasundan 2 Kota Tasikmalaya untuk dapat direalissaikan pertama kali.

                                                                             



Dengan ini, kami menyatakan bahwa program yang kami buat untuk dapat meajukan  pendidikan Indonesia terutama di SMA Pasundan 2 Kota Tasikmalaya.
Jakarta , 14 Juni 2013
Sekretaris



Tika Yuanita
Bendahara



Nandi Agustina
Penasehat



Drs Unang
Ketua



Ahmad Latip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar