Minggu, 11 Desember 2011

CB: Self Development:Identifikasi Potensi Diri ,Identifying My Potensial


Soal.

A. Apa yang dimaksud dengan potensi diri itu ??? Dan apa pentingnya bagi seseorang individu ??? 
B. Hal apa yang menyebabkan sulitnya seseorang mengembangkan potensi dirinya ??
C. Apa saja yang perlu diusahakan agar potensi diri Anda dapat semakin berkembang ???? 

Jawaban.

a.Apa yang dimaksud dengan potensi diri itu ??? Dan apa pentingnya bagi seseorang individu ??? 
Jawaban.
-Potensi diri merupakan kemampuan yang ada pada diri manusia berupa kemampuan yang telah di wujudkan dan belum diwukudkan oleh diri pribadi sesorang tetapi belum terlihat secara nyata atau di pergunakan potensi tersebut secara maksimal.
-Potensi diri merupakan kekuatan pada diri sendiri untuk menggapai sukses.
Contohnya :Sesorang yang sukses dalam bidang pekerjaan yang diinginkan karena mengetahui potensi diri pada dirinya, sehingga potensi diri tersebut dapat di kembangkan dan menjadi wujud nyata untuk sukses.

-Pentingnya bagi seorang individu adalah mengetahui potensi
Potensi diri bagi sesorang sangatlah penting karena untuk mengetahui potensi yang terdapat di dalamnya dan untuk dikembangkan potensi 
tersbut sehingga bisa terwujud dalam bentuk nyata. Pada dasarnya setiap manusia memiliki ptensi dmasing-masing, tetapi masih banyak yang belum mengetahui apa potensi yang ada pada dirinya sendiri. Padahal potensi diri sangat membantu sesorang untuk menunjang kesuksesan seseorang.
Dalam menentukan goal setting atau target pribadi, ada
dua penggolongan values yang dikelompokkan oleh Rokeach :
1. Instrumental values : adalah bagaimana cara kita untuk mencapai target yang kita inginkan misalnya : jujur, imajinatif, bertanggung jawab, berani, sukamenolong, atau harus masuk akal.

2. Terminal values: adalah apa yang menjadi target kita atau kondisi apa yang ingin kita rasakan bila target kita tercapai. Misalnya : Kekayaan, Merasa berhasil, Menjadi lebih bijak, atau mendapatkan kedamaian.
Contohnya :Ketika seseorang masuk ke sebuah universitas, namun orang itu belum berprestasi sehingga potensinya diketahui oleh tersebut, hal tersebut merupakan hal yang terpenting untuk mengetahui potensi pada diri.


b.Hal apa yang menyebabkan sulitnya seseorang mengembangkan potensi dirinya ??
Hal yang menyebabkan nya adalah sbb:
-Takut untuk menciptakan dan mencoba hal-hal baru.
Karena takut menciptakan hal-hal baru, sesorang akan sulit mengembangkan potensinya karena terpaku sama hal yang biasa dilakukan saja.

-kurangya meningkatka self motifation
Ketika kita Kalau kita kurang tahu meningkatkan self-motivation, berarti setiap kali kita menghadapi hambatan / masalah, kita akan menjadi orang yang selaluberputus asa atau tidak bisa berpikir untuk mencari jalan keluar. Bisa jadi dalam hidup kita akan selalu berharap dibantu oleh orang lain, padahal belum tentu selalu ada orang yang bisa membantu kita.

-Berfikiran negatif thinking
Dengan berfikiran negatif thinking menjadi hambatan karena Setiap kali menyalahkan orang lain dan tidak evaluasi kembali langkah anda mungkin ada sesuatu yang perlu diperbaiki.

-Kemampuan emosional yang sulit untuk di kuasai.
Kemampuan emosional yang mungkin cukup sulit untuk bisa dikuasai adalah kemampuan untuk membina hubungan baik dengan orang lain. Dalam bergaul, kita perlu tahu etiket, tata krama, cara menyenangkan
orang lain, membuat suasana menjadi lebih menyenangkan, bahkansewaktu-waktu diperlukan kemampuan untuk dapat mempengaruhi orang lain.



c.Apa saja yang perlu diusahakan agar potensi diri Anda dapat semakin berkembang ??? 
Untuk membantu mengenal potensi diri kita ada beberapa faktor dalam diri kita yang perlu kita telusuri. Faktor-faktor tersebut adalah : kecerdasan, kepribadian, kebutuhan,
dan nilai-nilai.

-Kecerdasan.
Mengetahui kecerdasan kita bisa membantu kita untuk mengetahui batasanbatasan yang mampu kita kerjakan. Kita tahu hal-hal apa yang masih bisa kita kembangkan dan membantu kita untuk memiliki konsep diri yang lebih baik.

Kepribadian
Mengetahui kepribadian kita membantu kita untuk memahami tindakan-tindakan yang cenderung kita lakukan, juga membantu kita memahami tindakan-tindakan yang cenderung akan dilakukan oleh orang-orang yang kita kenal.

Kebutuhan
Kebutuhan dan nilai-nilai juga dapat membantu kita meningkatkan hubungan interpersonal. Selain itu mengetahui kebutuhan dan nilai-nilai penting dalam kehidupankita juga membantu kita untuk memilih dan memutuskan masa depan kita.

Selain faktor diatas, hal-hal yang agar potensi diri Anda dapat semakin berkembang yaitu.

-kenali diri sendiri
Mengenali diri sendiri merupakan cara untuk meningkatkan potensi diri agar semakin berkembang, dengan mengenali diri, diri pribadi akan mengetahui potensi yang ada pada dirinya sendiri.
Contonya :Sesorang mengenali diri sendiri dengan cara mengetahui sesuatu yang diinginkan, kelemanhan diri sendiri dan minta saran dari teman atau keluarga untuk mengenali potensi pada diri kita.

-Tentukan tujuan hidup
Menentukan tujuan hidup diri sendiri merupakan cara untuk meningkatkan potensi diri agar semakin berkembang, dengan menentukan tujuan hidup,hidup kita akan terstruktur dan terencana dengan diikuti semangat untuk mencapainya.
Contohnya :Tujuan hidup untuk menjadi sesorang yang sukses dimasa yang akan datang untuk sukses, dengan tujuan ini menjadikan kita bersemangat untuk meraihnya.

-Hilangkan negative thinking
menghilangkan negative thinking merupakan cara untuk meningkatkan potensi diri agar semakin berkembang, ketika kita selau berfikiran positif terhadap sesuatu hal yang kita alami, maka potensi yang terdapat pada diri kita akan semakin berkembang.
Contohnya :Ketika sesorang ikut dalam kejuaran tetapi orang itu gagal dalam meraih juara,orang tersebut tidak berfikir negatif dan menyalahkan orang lain karena gagal, tetapi intropeksi diri sendiri untuk menjadi lebih baik.


-Jangan mengadili diri sendiri
Jangan mengadili diri sendiri merupakan cara untuk meningkatkan potensi diri agar semakin berkembang, ketika bangkit pada saat gagal untuk menjadi yang lebih baik, hal tersebut akan memperlihatkan potensi pada diri kita untuk menjadi lebih baik.
Contohnya :Ahmad adalah seorang mahasiswa binus online learning, ketika ahmad gagal dalam meraih nilai maksimal pada periode pertama, ahmad akan mencoba bangkit untuk meraih nilai yang lebih baik pada periode ke dua.



Sumber:Pemahaman dari lecture note 412CB LN2,suport material.

Create by:Ahmad Latip(Mahasiswa Binus University)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar