Soal
1. Sebutkan beberapa manfaat e-SCM yang berupa TANGIBLE benefits dan INTANGIBLE benefits (manfaat yang nyata dapat dilihat/berwujud dan yang tidak berwujud).
2. Bila salah satu supplier dalam zona/komponen upstream berlokasi di wilayah yang belum terjangkau internet, bagaimana pendapat anda terhadap efektifitas implementasi e-SCM secara menyeluruh?
Jawaban
1.Tangible:Pengurangan gudang dan ketergantungan terhadap gudang, pengurangan ketenagakerjaan, peningkatan produktivitas, pengurangan biaya-biaya, peningkatan profitabilitas. Intangible: standarisasi, peningkatan respon konsumen dan hubungan baik dengan para mitra bisnis, fleksibilitas, kualitas informasi, dsb.
2.Efektifitas implementasi e-SCM secara menyeluruh?
Menurut pendapat saya perihal satu supplier dalam zona/komponen upstream berlokasi di wilayah yang belum terjangkau internet, bagaimana pendapat anda terhadap efektifitas implementasi e-SCM secara menyeluruh.
Upstream sendiri yaitu dimana barang-barang mentah atau pengadaan dari pemasok eksternal terjadi. Efektifitas secara menyeluruh pasti akan terganggu karena tidak adanya koneksi internet untuk berhubungan dengan mitra yang berada diluar kota tersebut.Ketika E-SCM pada lokasi tersebut dengan cara Integrasi vertikal adalah strategi bisnis di mana perusahaan membeli dari upstream supplier-nya untuk memastikan bahwa bahan kebutuhan pokok yang tersedia segera setelah mereka butuhkan. Selain itu, dengan melakukan kerjasama dengan membuka cabang dengan mitra yang terdekat dengan supplier dalam zona/komponen upstream berlokasi di wilayah yang belum terjangkau internet.
Sumber 1,
[1] Lecture note
[2] Rainer. R. Kelly and Casey G. Cegielski, (2010), Introduction to Information System –Enabling and Transformation Business, Third Edition, John Wiley & Sons, Inc., UnitedStates, chapter 10 & 12.
Sumber 2: My Lecture :Taufik Hidayat, S.Kom., MM
Ahmad Latip (Mahasiswa Binus University)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar