Sabtu, 21 April 2012

REA Model

REA adalah model yang populer dalam sistem informasi pengajaran akuntansi (AIS).Model dasar REA adalah versi unik dari ER-diagram yang terdiri dari 3 jenis entitas (resources,events, dan agents) dan kumpulan notasi untuk menghubungkan ke 3 entitasREA memperlakukan sistem akuntansi sebagai representasi virtual bisnis yang sebenarnya. Dengan kata lain, itu menciptakan objek komputer yang langsung mewakili benda nyata dunia bisnis. Dalam istilah ilmu komputer, REA adalah suatu ontologi. Objek nyata termasuk dalam model REA adalah:

-Barang, jasa atau uang yaitu sumber daya.
-Transaksi bisnis atau perjanjian yang mempengaruhi sumber daya, yaitu,Kejadian
-Orang atau badan-badan manusia lain (perusahaan lain, dll), yaitu, agen.
Ini kontras objek dengan istilah akuntansi konvensional seperti aktiva atau kewajiban, yang kurang langsung terkait dengan objek dunia nyata. Sebagai contoh, aset akuntansi konvensional seperti goodwill tidak sumber REA.
REA sistem biasanya dimodelkan sebagai database relasional, meskipun hal ini tidak wajib. Desain biasanya menggunakan diagram entitas-hubungan. Filosofi dari REA mengacu pada gagasan Pola Desain dapat digunakan kembali.
Model dasar REA sbb:
-Resources, adalah segala sesuatu yang memiliki nilai ekonomi bagi organisasi. Mereka didefinisikan sebagai objek yang terbatas dan dikendalikan oleh organisasi.
Warm Regards,
-Events, dalam model REA dibedakan menjadi event ekonomi dan event pendukung (support). Event ekonomi adalah aktivitas yang berpengaruh untuk mengurangi dan menambah resources.

-Agents, adalah individu dan departemen yang berpartisipasi pada event ekonomi maupun pendukung. Mereka adalah pihak baik di dalam maupun di luar organisasi dengan kewenangan untuk menggunakan maupun menambah resources ekonomi organisasi. Setiap event akan dihubungkan dengan minimal 1 internal agent dan 1 eksternal agent

Sumber: Lecture Note Informasi dan proses bisnis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar